Assalamu'alaikum WW,
Pak Saaf dan sanak sapalanta nan ambo hormati,

Secara ideal menurut saya perubahan nama ini bagus2 saja, dengan
catatan semua aspek dan implikasinya dipelajari dengan saksama,
beserta batasan dan tahapan pelaksanaannya. Jadi tidak usah buru2.

Secara lokal, implikasi pembiayaannya akan menjadi sangat besar dengan
perubahan semua kop surat/letter head, plank nama, dll. mulai dari
Nagari, Kecamatan, Kotamadya, dan Propinsi.

Pada tataran nasional dan internasional, umpamanya semua peta yang
terkait dengan Sumatera Barat harus direvisi, seperti peta topografi,
geologi, hidrografi, penerbangan, pelayaran, pariwisata, dll, dll.
Peta2 ini terdiri pula dari berbagai skala mulai dari 1:1.000 sampai
1: 1.000.000.
Jadwal waktu shalat yang tersebar luas di internetpun harus direvisi
seperlunya.
Dengan sistim informasi digital yang sudah digunakan secara amat
sangat luas umpamanya, perubahan nama ini akan berpengaruh pada
kecepatan untuk memperoleh data dan informasi yang diinginkan.

Gagasan ini baik, tapi tampaknya memerlukan pemikiran dan pertimbangan
yang lebih komprehensif.
Bisa saja yang dirubah adalah nama kota atau desa tertentu saja, atau
penggunaan nama ini juga bersifat lokal, seperti penggunaan huruf Jawa
di Yogya, atau huruf Thai di kota2 di sana.
Dengan beban keuangan daerah yang segawat sekarang ini, perubahan ini
memerlukan pertimbangan yang lebih saksama. Sumbar masih perlu dana
yang cukup besar untuk perbaikan prasarana dll, yang berimpact
langsung pada pengembangan daerah.

Maaf & wasalam,

Epy Buchari, L-68
Ciputat Timur