Sdr MM yang baik,

     Fenomena Merantau sebagai sebuah pola budaya migrasi dari suatu masyarakat
tertentu, seperti Minangkabau ini, tentu akan mengalami perubahan-perubahan
dengan perkembangan waktu dan situasi. Dan itu universal dan lumrah sifatnya.
Bayangkan saja bagaimana merantaunya orang Minang di zaman sebelum kolonial
Belanda dahulu, bagaimana ketika dan sesudahnya, bagaimana di zaman Jepang,
zaman kemerdekaan, sekarang ini dan yad. Dan itu adalah sejarah kalau kita
melihat ke belakang dengan perubahan2 yang terjadi itu.
     Ke depan pun tentu kita sudah juga bisa memproyeksikan kira2 apa yang akan
terjadi. Yang penting utk kita catat adalah bahwa pendekatan yang kita pakai
bukan hanya sekadar sisi demografik dan  mobilitas geografik dari fenomena
migrasi dari sesuatu suku itu karena kita juga melihat dari sisi
sosial-budayanya dengan perubahan2 yang terjadi dan faktor2 yang merubah dan
mempengaruhinya.
     Jadi dengan kita melihat sekarang dan ke depan itu bukan berarti apa yang
sudah kita pelajari sebelumnya lalu menjadi salah, atau tidak berlaku lagi,
tidak. Dia telah menjadi sejarah.  Selain ada yang berubah tentu juga ada,
bahkan banyak, yang masih bertahan. Dan ada bahkan yang tidak pernah berubah
selagi faktor2 yang membentuknya itu tetap berlaku dan berlaku secara kontinu
dan permanen.
     Bagus sekali kalau ada yang berminat untuk mengambil  S2 atau S3nya untuk
itu. Saya bersedia membantunya. Sayangnya sejauh ini tidak ada yang meminta
saya untuk membantu. Tapi kalau ada,  by all means.  Sampai menyampaikan
sajalah.
     Wassalam, MN