Kita ucapkan selamat kepada Penggerak Tur Di Matur yang dengan segala semangat
kegiatannya sudah bersusah payah mengetengahkan adventure wisata ini.

Ada beberapa catatan yang kalau boleh saya isyaratkan:

1. Berita akan diadakannya pesta wisata ini sangat kepepet dengan jadwalnya.
Seminggu lagi akan diadakan baru sekarang diumumkan. Berita-berita
persediaannya muncul di Rantaunet dua tiga minggu yang lalu. Sangat detail,
sangat impressif.

2. Namun tampaknya pengelola seperti memfokuskan kepada peserta turisnya [dari
jauh?] sehingga seperti terlupa persitiwa ini adalah juga peristiwa daerah.
Penduduk daerah, sekitar Agam dan Sumatera Barat umumnya, turis atau tidak,
harus diingatkan akan peristiwa ini, karena kesempatan tur ini akan menambah
perhatian penduduk kepada perhelatan di Kampuang Halaman.

3. Tidak penting apakah para pengunjung harus seorang penggemar dan para
olahraqgawan peminat sport dengan segala variasinya itu, tetapi yang penting
diarahkan target audiensnya melampaui perhatian para peserta sport. Orang
Kampung sekitar tang  kalau boleh dikatakan Turis lokal jangan dilupakan.
Mereka inilah yang akan menambahkan semangat cinta Kamopuang halaman.
Transssportasi jarak dekat Matur - Bukaittinggi, Matur - Palembayan Silareh
Aia, Matur - Lubuk Basung, Matur - Malalak Sicincin, sebaiknya ditingkatkan.

4. Dari segi penjadwalan dan publikasi, penting sekali jadwal ini sudah diberi
tahu -- dilewakan -- jauh sebelumnya, bukan kepepet dua tiga minggu sebelumnya
saja. Setidak-tidaknya enam bulan sebelumnya sudah diberi tahu kepada umum dan
press bahwa event itu akan berlangsung. Dan Jadwal event untuk tahun depan
sudah harus diberi tahu ketika penutupan event ini nanti, setahun sebelumnya.
Dengan demikian para penghasil kerajinan dan jajan, kerawitan setempat, seperti
Lompong Sagu, dsb, tidak kepepet dalam menyiapkan juadah mereka.

5. Sekedar contoh, lihatlah schedule dan event "See Otter Classic" dekat Rantau
MakNgah. Hasilnya orang berduyun-duyun dari segala pelosok datang kesana.
Perhatikan mereka melibatkan segala sektor masayarakat dan ekonomi dengan
penjadwalan setahun sebelumnya dan yang enam bulan sebelumnya ticketnya sudah
boleh dipesan. Jadi orang sudah dapat melihat rencana perjalanannya jauh
sebelumnya.

http://www.seaotterclassic.com/

Selamat kepada Panitia dan meriahlah Tur Fi Matur.

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif
Di Tapi Riahk nan Badabua