--- Pada Rab, 18/1/12, NINING ERLINA <ing_er...@yahoo.co.id> menulis:

Dari: NINING ERLINA <ing_er...@yahoo.co.id>
Judul: [R@ntau-Net] kisah orang pinggiran di Trans 7
Kepada: "Rantau ranah" <RantauNet@googlegroups.com>
Tanggal: Rabu, 18 Januari, 2012, 12:38 PM

Assalamu'alaikum sanak, inyiak, mamak, uda, uni di palanta....
Sore
ini di Trans 7 dalam  acara orang pinggiran saya menyaksikan kabar
yang cukup membuat hati lintuah, yaitu tentang kehidupan sebuah
keluarga  di bayua, tepian danau maninjau. Di ceritakan tentang
keluarga hendri yang hidup miskin dengan 4 orang anaknya di sebuah
gubuk tanpa listrik di tengah sawah. Bapak hendri di kisahkan memiliki
empat orang anak yang di nafkahinya dengan mencari pensi di danau di
bantu anak tertuanya novri yang putus sekolah karena tidak ada biaya
untuk melanjutkan. Dari menangkap dan berjualan pensi keluarga pak
hendri memperoleh penghasilan Rp 20.000 - Rp 30.000 perharinya.
Beberapa waktu yang lalu kita, orang minang sempat di kejutkan dengan kisah
keluarga lain dari
 Nagari Canduang Koto Laweh.

Sungguh
menjadi tanya tanda besar bagi saya selaku orang minang, khususnya
orang Agam. Karena seingat saya di zaman Bupati Aristo munandar begitu
gencarnya di adakan kegiatan penanggulangan kemiskinan lewat program
TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) yang di bentuk di tiap
- tiap jorong di Nagari. Dan seingat saya di tiap - tiap nagari
di adakan  pula bedah rumah yang dananya berasal dari BAZ agam
untuk memperbaiki rumah - rumah dunsanak kita yang kurang mampu. Lalu
ada BMT yang di bangun di setiap nagari dengan sokongan dana dari
pemerintah yang memfasilitasi rakyat miskin untuk mendapatkan kredit
usaha. Tapi kenapa kisah pak hendri di bayua bisa luput dari perhatian?
Saya
sebenarnya sempat tergoda dan berprasangka apakah cerita di atas hanya
akal - akalan Televisi untuk menjual programnya. Namun begitu saya
berkesimpulan bahwa ada yang salah pada kegiatan - kegiatan
penanggulangan kemiskinan yang selama ini di lakukan. Salahnya apa dan
dimana? saya pikir kita semua selaku orang minang patut memikirkannya
bersama....
Terimakasih,
Nining, (guci)anak nagari Canduang Koto Laweh