Pada perdagangan 7/10/2013 saham – saham konstruksi rata – rata menembus
support, yang berarti ada potensi pelemahan lebih lanjut dalam jangka pendek.
Salah satu berita yang cukup mengagetkan adalah adanya revisi pendapatan ADHI
dai 12,8T menjadi hanya 10T. ini menimbulkan kekuatiran bukan hanya pada ADHI
namun juga pada seluruh saham sektor konstruksi dimana ditakutkan dampak dari
perlambatan ekonomi akan menyengat pendapatan dari keseluruhan sektor
konstruksi.
Namun menurut saya mengingat size / ukuran dari ADHI yang sebenarnya tidak
terlalu besar, sebenarnya tidak ada yang perlu dikuatirkan. berikut pie chart
dari kapitalisasi subsektor building construction di BEI :subsector Building
construction pie chart
Melihat grafik di atas, posisi ADHI saat ini adalah posisi terbesar ke 4
Setelah WIKA (11,9T) , JKON (8,8T), dan PTPP (5,7 T ) .  ADHI sendiri saat ini
memiliki kapitalisasi sebesar 3,7 T atau  kurang lebih setara dengan SSIA dan
TOTL yang juga berkisar di 3 – 4 T. Sementara DGIK terkecil hanya 825 M. Chart
bisa dilihat di
http://bei5000.com/grafik_saham/stock_tab2.php?code=ADHI&o=l&cn=undefinedPerbandingan
 Sektor Konstruksi
Grafik lebih jelas lihat di :
http://bei5000.com/grafik_saham/stock.php?code=ADHI&o=l
Meligat hrafik perbandingan sektor konstruksi ADHI saat ini adalah saham
konstruksi yang paling mahal dengan PE saat ini 25,1x bandingkan dengan PTPP,
JKON dan WIKA yang hanya sekitar 20x , bahkan SSIA hanya 4,4x. Sementara rasio
hutang ADHI saat ini adalah yang paling tinggi, mencapai 6x ekuitas dan ROE
ADHI adalah salah satu yang palingh rendah bahkan profit margin ADHI adalah
yang paling rendah.  Mengenai profit margin saya sebenarnya cukup kaget melihat
profit margin ADHI yang sangat kecil, hanya 2,06% pada Q2 2013, namun setelah
saya selidik lebih lanjut lagi, saya melihat pada tahun 2012, di Q2 memang
profit margin ADHI sangat kecil, hanya mencapai 1,6%, namun di Q3 dan Q4 profit
margin ADHI melonjak menjadi 2,4% pada Q3 2012 dan melonjak lagi menjadi 2,7%.
Sehingga ada potensi lonjakan laba di Q3 dan Q4 . Namun perlu dikuatirkan
mengenai proyeksi penurunan pendapatan ADHI.

Read more:
http://bei5000.com/2013/10/08/analisa-sektor-konstruksi/#ixzz2hBesQv2l

bei5000.com
http://www.facebook.com/rhliembono