IHSG 9/10/2013 , sektor kebun
http://bei5000.com/2013/10/09/ihsg-9102013-sektor-perkebunan/
Composite
IHSG saya rasa sudah mulai keluar dari trend sideway dan menuju ke trend
bullish, Walau ini masih early signal atau signal awal, saya rasa ini bisa
menjadi perhatiakn, terlihat BEI sudah break fibo 76,4% yang juga merupakan
resisten.  BEI berpotensi melanjutkan penguatan ke resisten berikutnya di fibo
61,8% di kisaran 4494. Juga posisi BEI telah kembali ke atas MA 50 yang berarti
BEI balik bullish.
MACD BEI yang sebelumnya deadth cross, saat ini mulai menunjukan indikai menuju
ke golden cross. Saya rasa jika BEI bisa kembali ke atas 4500 maka otomatis
MACD juga akan golden cross.Sectoral Performance
Kalau kita lihat grafik di atas, ternyata saham Agriculture yang paling banyak
naik kemarin dengan rata – rata kenaikan 2,5% disusul oleh Trade, service and
investment, kemudian property. Sementara Infra, Utilities dan Transportation
malah turun 0,73%.
Lebih lengkap lihat di : http://bei5000.com/grafik_saham/stock_tab5.php
Melihat kemarin Saham agriculture yang paling menguat signifikan, saya rasa
hari ini saham Agri masih dapat melanjutkan penguatan. Beberapa saham agri yang
menjadi perhatian saya antara lain :BWPT
Posisi MACD BWPT saat ini menunjukan signal golden cross yang berarti ada
potensi penguatan dalam jangka pendek. Resisten BWPT yang berkutnya ada di 900.
Boleh buy on break 900, CL jika balik ke 850 target 1000.  Jika 1000 jebol,
amati 1040,  karena 1040 adalah resisten 2 month high, jika jebol, berpotensi
BWPT ke 1100 – 1200.LSIP
Posisi LSIP tidak berbeda jauh dengan BWPT, MACD LSIP hapmir golden cross dan
kemarin LSIP resmi cross MA 50 yang berati posisi LSIp saat ini berada dalam
trend menguat. Resisten LSIP ada di 1400, jika jebol bisa ke 1500< target
sementra ada di 2 month high yaitu di 1650, jika jebol LSIP berpotensi ke
2000.Perbandingan Fundamental Plantation
Sebagai tambahan saja, melihat grafik perbandingan fundamental LSIP dan BWPT
(kita bandingkan dengan AALI juga), terlhia PER LSIP dan BWPT berada di kisaran
rata – rata PER Plantation saat ini yaitu di kisaran 20-23x . Sementara margin
LSIP, dan BWPT adalah tergolong margin yang tertinggi di sektornya yang
mencapai kisaran 9-15%.
tahun ini memang rata – rata industri plantation mengalami penurunan laba
karena harga CPO yang mengalami penurunan dari tahun lalu. Yang paling penting
kita liha adalah di sisi liability / equity atau rasio hutang. Makin kecil
rasio hutang maka perusahaan akan makin bisa bertahan dalam menghadapi
goncangan ekonomi. Dalam kasus ini LSIP adalah saham palantation dengan rasio
hutang paling rendah sementara BWPT adalah yang tertinggi. tentu berarti LSIP
jauh lebih bisa bertahan daripada BWPT.
mengenai prospek industri sawit sendiri, saya rasa tahun ini memang agak jelek
karena harga CPO yang turun dan berda di Low nya, naun mengingat rupiah
mengalai pelemahan, sebenarnya dalam rupiah, harga sawit sudah cukup tinggi.
tahu depan dengan adanya pemuilihan ekjonomi, saya rasa harga sawit bisa
menguat. Dan ini berarti ada potensi kenaikan saham CPO dalam jangka waktu 1
tahun ke depan.
Untuk harga wjaar LSIP, saya pakai asumsi growth 15%, dikarenakan tahun depan
growth LSIP bisa naik karena penguatan USD maupun prospek penguatan harga sawit
dunia, didapat harga wajar LSIP adalah 1470 per saham
http://bei5000.com/hitunghargawajarsaham/index.php?kode=LSIP&bookval=880.8923&growth=15.00&inflasi=9.00&risk=5.00&eps=52
Sementara untuk BWPT dengan asumsi yang sama, harga wajarnya hanya Rp. 880 per
sahan
http://bei5000.com/hitunghargawajarsaham/index.php?kode=BWPT&bookval=423.8105&growth=15.00&inflasi=9.00&risk=5.00&eps=40.4
Asumsi di atad belum memperhitungkan kenaikan book value karena penguatan USD.
seperti kita ketahui nayoritas aset perusahaan sawit adalah lahan dan hasil
sawit yang dihargai dalam USD, dengan menguatnya USD saya rasa asset perusahaan
sawit pun bisa naik. Dibandingkan dengan awal tahun, USD sudah menguat hampir
30%, sehingga wajarnya, harga wajar di atas kita tambahi juga 30%, namun
mengingat USD kapanpun juga bisa turun, ada baiknya kita tambahu saja 10%.
Sehingga Harga wajar LSIP menjadi 1470+ 10% menjadi 1617 per saham sementara
BWPT menjadi 968 per saham.
=============
Tabel Teknikal Untuk Menentukan saham break out :Technical Table
http://bei5000.com/grafik_saham/stock_tab3.php
Di atas adalah saham – saham yang kemarin break 1 month high (DH 21 = TRUE)
yang menjadi perhatian saya dari tabel di atas adalah
BJTM BAca : http://bei5000.com/2013/10/03/analisa-fundamental-dan-teknikal-bjtm/
BMTR : buy on break 2150
GAMA by on break 475
dan MAIN buy on break 3625
Tambahan market view
(juga bisa dilihat di http://bei5000.com/grafik_saham/stock_tab4.php )market
view
Pada tabel di atas anda bisa melihat saham – saham yang masuk kategori asing
net buy , bet sell, top gainer, top looser , lebih banyak lagi info market bisa
dilihat di :
http://bei5000.com/grafik_saham/stock_tab4.phpBEI Sectoral Capitalisation
Saat ini sektor Keuangan dan consumer good adalah sektor dengan kapitalisasi
terbesar di BEI menguasai 46% dari kapitalisasi BEI (Finance 25% dan Konsumer
21%) disusul oleh sektor Infrastruktur dengan kapitalisasi 14% lebih lengkap di
http://bei5000.com/grafik_saham/stock_tab5.php
Belajar lebih lanjut tentang analisa Fundamental di Buku Analisa Fundamental
Yang saya tulis
http://bei5000.com/bukufundamental/

Read more:
http://bei5000.com/2013/10/09/ihsg-9102013-sektor-perkebunan/#ixzz2hHTwA4uG