Install NTOP
jalankan servicenya, lalu lihat di http://localhost:3000

Sandi.

-----Original Message-----
From: I Gede Wijaya S [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, November 07, 2003 10:04 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [tanya-jawab] memonitor jaringan

saya ingin memonitor jaringan, ingin mengetahui host-2 dimana saja yang
menimbulkan trafik padat dalam jaringan. Misal, kondisi jaringan:
                        GATEWAY                   <---ip public

             jaringan 1   jaringan 2    jaringan 3 <---semua ip private

GATEWAY minimalis, semua service ada di jaringan dalam (jaringan 1,2,3),
jadi memakai IP MASQUARDE Misalkan salah satu host di jaringan 1
tugasnya untuk memonitor keadaan. Dari yang pernah saya baca, paling
tidak GATEWAY harus memasang service SNMP agar bisa di monitor. Apakah
keharusan? Apakah ada cara lain tanpa memasang SNMP? GATEWAY memakai
Trustix, dan saya belum tahu jika harus memakai SNMP) nama paket
snmp-nya trustix atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih