Pada dasarnya Linux dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi
minimal dan processor yang tidak terlalu besar. Akan tetapi jika Anda
menginstal semua paket di distribusi tersebut dengan menjalankan banyak
service maka Linux sangat membutuhkan memori yang besar.
Jadi cara mengatasinya instalasilah aplikasi2 di Linux sesuai dengan
kebutuhan. Jika memang kebutuhannya hanya untuk server kenapa harus
menjalankan GUI atau X windownya. Jika untuk aplikasi desktop gunakan
aplikasi seperlunya dan matikan service yang tidak dibutuhkan.
Untuk melihat aplikasi atau daemon apa saja yang memakan resource, anda
bisa lihat dengan cara menjalankan perintah
# top
Biasanya aplikasi yang memboroskan kerja processor dan memori adalah
aplikasi update dari rh 9. remove software tersebut.
Nah jika memang masih lambat juga, mungkin bisa juga dengan jalan
kompilasi kernel. dengan meminimalkan kernel sesuai dengan kebutuhan akan
meningkatkan kinerja dari sistem.

NB:Saya tidak tahu persis spesifikasi komputer yang anda gunakan.
Oh ya saya menggunakan komputer pentium 200 dengan RAM 128 sudh cukup
cepat kog?

salam,
syukri