On Thu, 4 Dec 2003, Ronny Haryanto wrote:

> Saya gak tau mesti mulai ngerespond gimana ke pernyataan di atas. Good
> luck deh.

maksud saya lebih komplex itu adalah bahwa procmail ini nantinya tidak
hanya digunakan untuk memforward saja, tapi juga untuk mendelete junk
mail.

Namun karena saya baru belajar, jadi saya mencoba yang paling gampang dulu
saja.

> Kemungkinan procmail gak pernah diinvoke sama sekali oleh MTA. Anda
> sudah bilang ke MTA bahwa anda mau pake procmail sebagai LDA? Hint: anda
> udah ngedit .forward?

Terima kasih banyak atas Hint-nya. Memang ternyata MTA default-nya bukan
procmail.
Saya sudah tambahkan baris berikut di .forwaqrd dan procmail saya bekerja.

"|IFS=' '&&p=/usr/local/bin/procmail&&test -f $p&&exec $p -f-||exit
75#whatever"

Terima kasih banyak ats bantuannya.
Btw, baris tersebut hanya saya copy saja dari URL yang mas Ronny berikan,
namun saya tidak tahu persis itu artinya apa.
Dimana ya mencari arti dari baris tersebut ?

-- badak