On 04-12-2003 4:52 PM Brad Pitt wrote:

> maksud saya lebih komplex itu adalah bahwa procmail ini nantinya tidak
> hanya digunakan untuk memforward saja, tapi juga untuk mendelete junk
> mail.

Oo, kirain mau forward aja pengen cara yg kompleks. Hehe.

> Terima kasih banyak atas Hint-nya. Memang ternyata MTA default-nya bukan
> procmail.

Procmail emang bukan MTA (mail transport agent), tapi LDA (local
delivery agent). Contoh MTA itu sendmail, postfix, qmail.

> Saya sudah tambahkan baris berikut di .forwaqrd dan procmail saya bekerja.
>
> "|IFS=' '&&p=/usr/local/bin/procmail&&test -f $p&&exec $p -f-||exit
> 75#whatever"
>
> Terima kasih banyak ats bantuannya.
> Btw, baris tersebut hanya saya copy saja dari URL yang mas Ronny berikan,
> namun saya tidak tahu persis itu artinya apa.
> Dimana ya mencari arti dari baris tersebut ?

Baca manual .forward (tergantung MTA), lalu baca manual shellnya.
Shellnya ya tergantung shell apa yg dipanggil sama MTA waktu jalanin isi
.forward itu (login shell? atau sh?).

"|" yg pertama itu pipe ke program dr .forward. Ngeset variable IFS ke
' ', IFS ini utk delimiter (baca man bash). Lalu berikutnya ngetes apa
program procmail ada, kalo ada diexecute, kalo gagal exit dg code 75
(code khusus ke MTA). Sisanya (-f- dan #whatever) saya belum tau, mesti
baca manual.

Ronny