Jika ingin menggunakan koneksi dengan 2 ISP yang penting kita
harus mendaftarkan ip yang kita punya kepada ISP tersebut.
Jika ip yang kita dapat berasal dari ISP tersebut, sudah pasti routing
baliknya akan melewati ISP tersebut, sehingga tidak perlu didaftarkan
lagi.

KECUALI jika anda mendapat ip dari ISP 1 dan akan melewatinya ke ISP 2,
MAKA anda
harus meminta admin di ISP 2 untuk melewatkan ip dari ISP 1.
Routing balik otomatis akan tetap melalui jalur dari ISP 1, yang perlu
dipikirkan
hanya routing ustream hanya melalui ISP 2 saja.

Gampangnya, buat saja default routenya ke ISP 2, atau mungkin jika anda
mempunyai 2
upstream ( satu ke IIX dan satu ke luar), bisa dipisahkan koneksi
upstream 1 ke IIX
dan 1 lagi ke Luar (menghemat jalur routing)
BGP announce biasanya digunakan ketika ip yang kita inginkan routing
kembalinya melalui
ISP lain, jadi ip yang didapat di announce di ISP1 maka routing balik
akan melalui
ISP1 (tapi jika ip yang didapat merupakan ip dari ISP1 tersebut
sepertinya tidak bisa)

lordsanjay