On Wed, May 12, 2004 at 11:30:03AM +0700, Chris wrote:

> Oh brarti saya salah tangkap maksudnya.
> ya maksudnya seperti message ini, jadi intinya kalau kita kirim ke alamat
> e-mail yg salah, akan ada pemberitahuan kalau alamat tsb tidak ada.

Term "alamat" disini bisa dijelaskan? Misalkan ada alamat email
[EMAIL PROTECTED], bagian "alamat" mana yang anda anggap salah? Apakah
dari sisi mailbox yaitu "user" atau dari sisi domain yaitu
"domain.tld".

Kalau domain.tld yang salah, qmail akan langsung menggenerate bounce
yang mengatakan "Sorry,_I_couldn't_find_any_host_named_domain.tld".

Kalau dari sisi mailbox "user" yang salah, hal ini tergantung remote
host menggunakan mailer apa. Jika remote host kebetulan juga
menggunakan qmail, maka NDR akan dibuat dan dikirim ke mailserver
anda. Nah, seberapa lama NDR ini anda terima tergantung banyak hal,
misalnya queue, kondisi network/bandwidth dlsb :-)

> minta tolong ya pak Asfik kira-2 dimana letak kekeliruan saya, sebelumnya
> sih bisa, cuman belakangan in isudah nggak bisa lagi.
> kira-2 settingan yg salah dimana yah.

Salam,

 Asfihani