> wah seru nich...
>
> thanks all,
>
> Begini ceritanya :|4 (ini berdasarkan pengalaman saya)
> Sebelum saya migrasi ke linux, user menggunakan
> file untuk order barang itu menggunakan excel (ada yg excel 97 dan 2000)
> Jadi filenya ada 1, tapi yang menggunakan ada 5 users.
> Mereka semua memasukan data ke file excel tersebut pada
> saat hampir bersamaan (saya kategorikan bersamaan) artinya
> kalo si A buka, kemudian si B juga buka dan seterusnya mereka bisa
> melakukan modifikasi data dan menyimpan data tsb
> ke dalam file yg sama secara hampir bersamaan,

wah ... ini diluar logika beneran nih ... saya gak tahu apa yang terjadi
... ehm apa di dalam spread sheet bisa auto triger dan procedure yah <--
wah perlu pelajari spread sheet lagi nih .. he he he gak susah susah
ngrusin database server jadinya.

tapi sebelumnya anda yakin nih ... apa gak ada aplikasi lain selain spread
sheet , maksud saya begini user A buka file itu namun sebenarnya ada
aplikasi DDE yang mengaktifkan penggunaan bersamaan.

karena seperti rekan rekan lainnya katakan saat A buka file xls tersebut
kemudian di rubah isi satu cell aja terus di save itu berarti di men-save
semua isinya ke dalam file xls. saya susah membayangkan bila satu org buka
file xls kemudian saat bersamaan ada org lain lagi buka file tsb, saat di
rubah satu cell tersebut maka file tersebut akan kasih tahu ke aplikasi
excel user lain terhadap perubahan itu (maksud saya tanpa aplikasi
tambahan loh) ...... wah bisa gak laku nanti database server nih :(

ROed