On Mon, 14 Jun 2004 14:40:38 +0700
"Dicky" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear All,
>
> Saya ada masalah dengan kapasitas hardisk (hda*) yang hampir habis,
> ceritanya mo nambah (hdb*) terus udah dipartisi jadi hdb1 dan hdb2.
> gimana caranya supaya HDD baru ini bisa dipakai? Apa perlu diformat dulu
> ato di jadikan root, dll? Mohon ceritanya donk...

Wes, kamsudnya gimana nih? Saya ada dua penafsiran mengenai permasalahan diatas
berikut solusinya :

1. Anda mau me-mount hd baru anda di sistem, yang ini sederhana kayaknya udah ada yang
jawab tadi.
   Cuman ditambahin aja sebaris tulisan di /etc/fstab, misal sebage berikut

        /dev/hdb1  /mnt/hdgede  ext3  defaults 1  2

   untuk lebih jelasnya ttg baris diatas bisa liat

        man fstab

   Cuman sebelumnya anda harus format dulu hdb1 menjadi ext3, kalo barisnya kaya' di
atas, perintahnya

        mkfs.ext3 /dev/hdb1

2. Anda mau menambah jangkauan partisi root, misal anda punya partisi root dengan
ukuran 2 GB trus
   mau ditambah jadi 3 GB dengan mengambil 1 GB dari harddsik yang baru dipasang. Nah
kalo ini baru
   pake LVM(Logical Volume Manager), saya belum pernah nyoba :P, tapi kayaknya anda
harus format ulang.
   Tapi untuk lebih jelasnya bisa liat di http://www.tldp.org/HOWTO/LVM-HOWTO.html

Hope It Helps :)

-Iyan-