Hai!
sory tanggapannya kelamaan ;-)

banyak sudah poster yang menyampaikan kemungkinan bisa, saya akan
ceritakan pengalaman saya sendiri waktu STMIK Akakom masih jadi pelanggan
ASTINet.

waktu itu (th 1999-2000) saya pake pc router P5-200MMX 64MB ram plus
Synchronous Card Digi yang support 2 port V35 upto 2mbps. modem yang
dikasih astinet sama yaitu tellabs, tapi saya pke freebsd karena linux
nggak support card tsb. yang penting lagi adalah adanya protocol Cisco
HDLC di fbsd, shg bisa konek dg router mereka.

hanya saja kalo pake pc-router, mereka agak males mbantuin trobelsoting,
karena mereka taunya router itu ya cisco. jadi siap-siap swalayan!!!

mengenai biaya, memang ada kemungkinan lebih mahal, apalagi dibanding
cisco kelas rumahan, tapi keuntunganya kita bisa sekalian pasang squid,
mail-server, dll, pokoknya all-in-one/selfcontained/fully-customized
pc-router.

secara teknis tidak ada masalah, speed/latency/bw dll dapat diterima (walo
kadang-kadang juga disconnect). yang membuat saya gerah dengan astinet
justru karena semua trafic web di hijack dulu (transparant proxy)
sementara proxynya sering ngadat (dari log saya sehari bisa puluhan kali).
waktu saya minta network saya dilepas dari accesslist trans-proxy, mereka
bilang nggak bisa/boleh ;-(, padahal sudah saya tunjukkan bukti2 kalo
proxy mereka nggak beres. terus terang saya merasa ditipu dengan kejadian
itu, bayangkan saya sewa link 64kb clear 1:1 ke internet (provider mereka
lorion) tapi nggak pernah dapat buktinya.

akhirnya saya sudahi saja kontraknya.

tapi saya nggak tahu keadaan sekarang apakah masih seperti itu?

--
|===[ Yudhi Kusnanto ]==============[ +62 811 292 184 ]===|
|===[ STMIK Akakom ]================[ +62 274 486 438 ]===|