On Fri, Dec 03, 2004 at 07:54:25AM +0700, Irvan wrote:
> Saya menggunakan Fedora Core 3, dan saya memasang CD R/W ASUS, namun
> CD R/W tsb tidak terdeteksi pada program burning seperti k3b dan
> xcdroast. Saya baca help keduanya, harus menambahkan parameter
> ide-scsi pada boot loader.

Itu hanya untuk kernel 2.4, dan yg lebih direcommend skrg adalah
menggunakan ATAPI, bukan SCSI emulation. Tidak perlu lagi dipass param
itu kalo pake kernel 2.6.

Sejak 2.6.7 kalo gak salah, ada perubahan utk akses cdrom/rw device dg
alasan "security" (masih diperdebatkan), sehingga membuat burning
tidak bisa dg user biasa tanpa diakali oleh distronya atau patch
kernelnya. Solusi sementara (kalo belum disediakan oleh distronya,
which I doubt soalnya FC itu usernya banyak yg punya cdrw pasti)
adalah menggunakan root utk burn cd. Cari di forum support FC, pasti
ada.

Ronny