Hello Supri,

Sa> 1. kira 2 linux apa yang saya pake untuk menjadi proxy + ftp server?
bisa pake FC/RH or laene. coba pake Mandrake aja, system
administrasinya mirip RH or FC. kalo mo lebih sulit settingnya pake
slack or langsung tancep *BSD

untuk langsung bisa coba clarkconnect(FC/RH based) or smoothwall untuk
proxy or ftp server

Sa> 2. Ada ngga antivirus untuk menscan packet yang keluar dan masuk...
Sa> jadi virus nya ngga bisa masuk, dan kalaupun ada klien yang kena tapi
Sa> bisa diminimalisir akibatnya?
ada, salah satune clamav. googling aja. untuk minimalisir bisa pake
shorewall (shorewall : iptables make easy)

Sa> 3. klo ada, harus download dimana?
coba googling aja dulu

Sa> Oya, seluruh klien nya pake windows XP
gak masalah cliennya mo pake apa, asal terpasang TCP/IP