> Maaf kalo sebelumnya pernah dibahas. Gimana ya konfigurasi SSH supaya
cuman
> bisa diremote dari IP / Host tertentu, dan selain IP tsb DENY? Atau harus
> lewat Iptables??
> Server saya pake RH9, pake openssh-03.5p1-6
++ kalo tujuan yg pengen dicapai utk membatasi user tertentu aja yg boleh
koneksi via ssh bisa tambahkan :
"AllowUsers username_anda"
di file "/etc/ssh/sshd_config"
jangan lupa restart sshd.

selain pakai hosts.deny/hosts.allow bisa pakai tcpserver.
garis besarnya spt ini :

set di file "/etc/ssh/sshd_config" :
ListenAddress 192.168.1.1

jalankan "sshd" via tcpserver dgn tambahan option -x /etc/tcp.sshd.cdb
berikut isi file /etc/tcp.sshd (sbg contoh aja) :
192.168.1.9:allow
192.168.1.10-15:allow
:deny

trus jangan lupa jalanin perintah :
    #tcprules /etc/tcp.sshd.cdb /etc/tcp.sshd.tmp < /etc/tcp.sshd

so selain IP 192.168.1.9, dan IP 192.168.1.10 sampai dengan 15 gak bisa
akses via sshd.
selama settingnya bener tentunya ...
bisa juga diterapkan ke ftpd atau service yg laen.
CMIIW.

salam,
-rianu-