Silahkan cek kembali file konfigurasi clamav Anda, apakah Anda membuat
listen ke socket apa melalui listen port ? biasanya kalau socket dia akan
letakkan di /tmp dan kalau listen port coba perhatikan apakah portnya
memang terbuka atau tidak ? (pakai netstat -an | grep 'port yang dibuka').

Saya sendiri menggunakan freshclam lancar-lancar saja dengan menggunakan
socket.