Hai milisers,

Hari ini slackware gagal booting, pesan yg muncul saat booting
(saya harus cepat-cepat nulisnya karena linuxnya akan reboot sendiri):

  Checking root file system:
  fsck 1.35 (28-Feb-2004)
  /sbin/e2fsck: Illegal block number while checking ext3 journal
  for /dev/hda1

Kemudian ada permintaan untuk masukkan password root untuk maintenance.
Setelah saya masukkan password, muncul pesan begini:

  -bash: id: Command not found
  Unmounting file system

Lantas reboot.

Langkah saya kemudian tentu saja booting komputer dg live cd, saya sudah
pakai knoppix livecd dan cd slackware 10. Setelah itu jalankan e2fsck,
atau fsck.ext3. dan reiserfsck untuk kesemua partisi yg ada di /dev/hda.
Hasilnya, clean/no error, alias tidak ada data yg corrupt. Saya juga
menjalankan badblocks, jaga-jaga kalau ada sector/cluster yg rusak,
bersih semua nampaknya. Berikut ini cuplikan salah satu scan partisi
/dev/hda1 :

  # fsck.ext3 -v -y /dev/hda1
    Clean
  # badblocks -v /dev/hda1
    Clean

Kalau sudah clean dan tdk ada badblocks, lalu apa lagi yg menyebabkan
linux slackwarenya tdk bisa booting ? Sebagai perbandingan, di sini
juga ada redhat 7.3 yg sudah running 1 th lebih, dan tdk ada masalah
yg berat, kalau pun listrik mati saat sedang running, perbaikan partisinya
tdk serumit seperti sekarang ini.

FYI, server2 di kantor saya tsb biasa dimatikan saat jam pulang kantor,
dan dihidupkan lagi saat jam masuk kantor.

Terimakasih sebelumnya.

Salam

~yudi