On Sat, May 21, 2005 at 09:08:14PM +0700, Mardiansyah Achmad wrote:
> Untuk security, saya memang mengubah letak beberapa file di mesin.

Security by obscurity is not real security.

> Yaaah, kalo buat pribadi sih nga perlu yang susah-susah amat.
> kalo saya pribadi, memang terasa beda "cepatnya" antara mesin yang
> original & compiled.
> Apalagi untuk server... :-)
> Itulah kenapa saya selalu pengen mengcompile aplikasi saya...
> Masih pengen ngebut euy!! He he he... :-)

"Profile, don't speculate." --Dan J. Bernstein

Ada buktinya kalo memang lebih cepat gara2 dilakukan
micro-optimization? Gimana ngukurnya? Dan seberapa signifikan
improvementnya? Kalo tidak signifikan dan apalagi kalo ada bad side
effects* saya rasa nggak worth the trouble and time utk recompile.

Kalo memang betul terbukti micro-optimization bisa membuat performance
improvements yg signifikan tanpa bad side effects, maka saya rasa
nggak make sense kalo distro2 besar sampai saat ini tidak melakukan
micro-optimization by default.

*) over-optimization katanya bisa menyebabkan masalah karena bisa
menghasilkan code yg unstable dan unpredictable.

PS. Tolong kalo mereply di bawah yg dikutip, jangan top reply. Dan
kalo mengutip usahakan pake "> " supaya bisa dibedakan.

Ronny
"Premature optimization is the root of all evil" --Donald E. Knuth