On Wed, May 25, 2005 at 09:23:18PM +0700, Arie Kusuma Atmaja wrote:
> debian:/home/arie/www# mv code-php-budiman.tgz /hda6/konfigurasi_sarge/ -v
> `code-php-budiman.tgz' -> `/hda6/konfigurasi_sarge/code-php-budiman.tgz'
> mv: failed to preserve ownership for
> `/hda6/konfigurasi_sarge/code-php-budiman.tgz': Operation not permitted
>
> (pertanyaan 1)
> setelah saya cek ternyata betul kalau file .tgz tsb berubah jadi
> punyanya user arie (bukan root), gimana supaya tetap sebagai punyanya root?
>
> (pertanyaan 2)
> jujur, sdh lihat man mount dan ybs, juga linux from scratch & ebook2
> [...]

Filesystem FAT dari sononya tidak punya konsep permission dan
ownership. Jadi waktu dimount semua filenya dikasih logical permission
dan logical ownership default (sama semua!). Coba aja chmod salah satu
file yg ada di situ kalo gak percaya.

mv(1) cuma memanggil chmod(2) atau fchmod(2), jadi kalo chmod(2) nya
aja udah fail ya pasti mv-nya ikut fail.

Kenapa kok pake fs FAT?

PS. tanda kurung dan angka di belakang nama command, e.g. chmod(2),
menandakan section dari man pages. Jadi contoh di atas itu bisa saya
liat man pagenya dg 'man 2 chmod'. Soalnya ada chmod yg section 1
juga. Section 1 utk user programs (yg kita ketik di shell), section 2
dan 3 untuk low-level system calls programming API.

Ronny