Arie Kusuma Atmaja wrote:

sy baru dapet ubuntu nih v5.04. Barusan liat2 Live-nya wah ok jg nih, tapi tetap masi belum bgitu yakin makanya masi pertahankan debian sarge nya. Terutama krn setting-an utk debian udah sy rasa pas banget dg kebutuhan programming sy (Ruby, Rails, PHP, Pear, Postgres, MySql etc). Saya mau instal Ubuntu di partisi baru aja (2,5 Giga ext3 would be more than enough right?), yg rencananya mo saya bikin pake disket boot aja, jadi utk rekan2 lain yg sdh pengalaman instal ubuntu (apalagi di kompie kosong, jg yg berisi OS2 lain) boleh sharing di thread ini.
Pertanyaan saya (mohon maaf kl trnyata sdh dibahas atau ada di RTFM) :
1. sy mau menjaga Grub ke Debian dan WinXP walau setelah Ubuntu sukses terinstal di harddisk. Betulkah bisa begitu? Note. sy belum berani instal, sebab takut grub ke debian dihancur oleh loader-nya ubuntu. 2. Gimana bikin disket boot di Debian Sarge (utk backup/brjaga2) yang sudah terinstal (krn waktu instal gak ada pilihan sistem otomatis dibikinkan kaya mis. Mandrake). 3. utk mencari ketersediaan paket2 di debian saya biasa lihat2 di http://www.id.debian.org/distrib/packages lalu pasang repositori yg dekat2 Semarang sini. Atau bisa juga liat2 di apt-get.org. Nah kalau utk ubuntu, dimana tempat saya mencari2 paket2 itu, terutama programming kaya Ruby, database kaya Postgres.. gitu, pengennya sih udah include dari CD nya jadi enak, ga usah download setengah mati nyendat2 pake dialup telkom disini.

krn dari pagi s/d sore ga ada yg reply imel ini sy reply sndiri deh. ceritanya barusan baru aja nekat2an (tentu stlh baca manual sana-sini juga) instal ubuntu (dg situasi spt diatas/mpertahankan debian), sebelumnya dari debian sarge sy pakai qtparted utk ubek-ubek partisi /dev/hdd saya yg 20 Giga (harddisk slave), sy alokasikan (extended-nya) 3 Giga utk ubuntu, dan swap ubuntu 200-300-an Mega, Sisanya (yg primary) vfat biasa biar bisa diakses dari 3 OS. OK, sukses dg qtparted. reboot, instal ubuntu, running smoothly .. sampai pd bagian utk membuat grub, ubuntu bilang dia detek Mikocok Window$ dan Debian 3.1, ah sy pikir ok nih, bisa ditimpa aja bikin grub di hd0 punya nya /dev/hda (yg 40 Giga/master harddisk).. wah hasilnya failed :(
sy coba lagi instal grub di /dev/fd0 aja, lho kok failed lagi?

ah duh, udah ah, kl gitu mo balik ke Debian Sarge lagi, lagipula 1 jam lagi mo nonton Bajaj Bajuri di WinXP (tv tuner internal biasa). dag dig dug darr, sambil harap2 cemas hati gelisah tak tertahan sambil berdoa, mudah2an grub yg punya-nya Debian Sarge sehat walafiat aja, wess .. sukur deh, aman, masih sehat spt sediakala, makanya nulis imel ini pake sarge lagi.

Ada yg punya solusi utk kasus saya nggak? Sharing dong, terutama yg kompie nya dipake'in banyak distro. saya belum pernah nginstal lebih dari 2 OS sekaligus soalnya.. Lagipula saya udah stuck nih kalo bikin grub di disket aja gagal terus. Gmn mo masuk ubuntunya :(

Mohon pencerahan, ASAP is better, udah ga sabar nih :)) Arigatoo gozaimashita.

Dou itashimashite :P

--
Salam hangat,
Arie Sila bertandang & comment ke blog saya di http://blog.riyari.com