On Fri, Jul 01, 2005 at 09:07:42AM +0700, Arief Yudhawarman wrote:

> Ini yg bikin saya heran, Mas Donny pakai kode apa kok bisa
> memunculkan tulisan berbahasa Arab di thunderbird saya dan juga di
> webmail ? Saya belum coba kalau baca email anda di Outlook Express.

Kalo OE/Windows support charset tsb (ISO-8859-6) dan ada fontnya yg
sesuai ya bisa muncul mestinya.

> Kalau saya lihat isi email anda (sourcenya), kok kelihatannya pakai code
> base64 ?
> Yang tdk lazim untuk email biasa, dan herannya kok bisa lolos masuk ke milis
> linux. Ini cuplikan header dr salah satu contoh email milis linux yg normal.

ezmlm-idx utk milis ini memfilter berdasarkan Content-Type.
Content-Transfer-Encoding tidak (dan memang utk milis ini tidak perlu)
difilter.

> Saya kuatirnya nanti dg men-code-kan isi email bakalan banyak user yg bisa
> kirim gambar2 instead of text melulu ;-)

Yang diterima cuma text/plain dan multipart/signed. Kalo ada MIME part
yg tidak sesuai (misalnya image/jpeg) ya dihapus/direject sama ezmlm-idx.

> Saya dulu pernah mainan kirim email pakai encode base64. Tapi pakai cara
> manual. Bisa sharing ndak Mas Donny cara yg anda pakai tsb ?

Ini seharusnya MUA sendiri yg mengatur otomatis begitu nemu karakter2
yg di luar 7-bit ASCII, dia akan memilih charset dan encoding yg
sesuai. Kecuali kalo anda kirim emailnya pake MUA yg ndak support itu,
misalnya dg telnet ke port 25.

Sekedar contoh aja, ini email saya selipin nama saya dalam karakter
Chinese, Mutt otomatis memilih charset UTF-8, kayaknya karena locale
saya memang unicode di sini dan di email ini ada dua jenis tulisan
international (arabic & chinese) bareng jadi yg charsetnya cukup luas
utk support keduanya ya cuma unicode. Encodingnya skrg sih 8-bit di
sini, tapi entah kalo udah melewati SMTP lainnya nanti diconvert
otomatis atau nggak, biasanya ke either ke quoted-printable atau
base64.

Algorithm dan cara kerjanya saya sendiri tidak tau pasti hanya meraba2
saja sih, jadi mungkin penjelasan saya juga gak 100% tepat. Tapi
mudah2an ada gambaran kurang lebihnya. Kalo ada yg salah mohon
dikoreksi.

Ronny (林汉)