On Saturday 20 August 2005 15:55, CebonX wrote:
> Dear All,
>
> Mohon pencerahan,
>
> Gmn caranya setting DNS lokal (Linux), agar kompi windows dan kompi
> linux bisa berhubungan dgn menggunakan host bukan IP... (misal: ping
> adi..... bukan ping ip_address_kompi_adi)
> daripada masukin satu-satu ke /etc/hosts..... kan repot...

Buat dulu DNS Servernya biasanya pakai paket BIND, yang terbaru versi 9.

> Selama ini di jaringan LAN saya.... di setting DNS nya selalu di masukin
> DNS ISP......
> apakah dgn cara kita setting DNS Lokal bisa kita isi DNS nya dgn IP
> kompi Lokal yg terinstal DNS (Bind/djbdns) tersebut?

Kalau udah jadi DNS Servernya masukin ke client sebagai primary DNS, sedangkan
DNS ISP bisa didisable atau dijadikan secondary DNS. Kalau didisable jangan
lupa tambah option fowarder di conf DNS Local agar tiap zone yang ngga ketemu
diteruskan ke DNS ISP.

> Terus apa sih yg dimaksud dgn caching name server.........

Sesuai namanya only caching :)
Jarang dipakai sih...

> terus apa yg dimaksud dgn mail server yg fungsinya cuma relay doang...!!!

Mailserver ini berfungsi sebagai mail gateway, relay artinya cuma meneruskan
email saja.

--
F.X. Harry Wardhana
http://www.harry-wardhana.net