On 8/30/05, denny halim <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> NO KIDDING!
>
> untuk linux, (apalagi yg namanya GNU seperti debian)
> maka vendornya adalah komunitasnya.
>
> anda punya tech support 24jam dari seluruh dunia.
> bisa live chatng dgn irc.
> bisa lewat milis. kalo menganggap milis di indo kurang,
> banyak milis developer di luar bisa ikutan gratis.
>
> kalo anda bayar untuk tech support, anda hanya mendapatkan
> pendapat dari satu orang tech support yg anda telp/email.
> kalo kebetulan orang tsb lagi kurang bener, anda mendapat jawaban ngawur.
>
> kalo anda tanya di milis/irc, anda mendapat puluhan/ratusan
> [...]

untuk perorangan memang bisa, tapi untuk perusahaan tidak bisa begitu.
Kalau pakai linux berarti ada hal2 yang mesti diperhatikan:
1. training admin yang mengerti administrasi (mengerti rpm, backup,
system setting, mail system, security dsb). Ini juga menimbulkan
biaya.
2. hmm apalagi yah, blum kepikiran deh

Tapi dari reply rekan2, saya dpt kesimpulan bahwa sistem yang akan
dibangun harus dianalisis dgn detil, tidak bisa dilihat dari label
harga lisensi 25 client windows Server 2003, tapi juga dari jumlah
user real, konektivitas dgn sistem lain, aplikasi yg dah ada dsb dsb.

Untuk perusahaan kecil, brand system nya mungkin ga akan terlalu
masalah, gratis atau microsoft. Tapi kalau perusahaan Nasional,
menggunakan Linux, dipublikasi di detik.com, memakai Linux merupakan
keberanian tersendiri :D.