On Tue, Oct 25, 2005 at 10:45:42AM +0700, Dwi Nugroho wrote:
> Saya ingin tanya arti dari log berikut, kira2 apa ya dan ini timbul
> ketika ada user kami yang mengirim ke domain xyz.com.sg tersebut.
> Anehnya, mengirim ke domain lain tidak ada masalah sama sekali. Dan
> sebagai info, kami menggunakan MTA postfix-CentOS dan IP publik
> mailserver kami menumpang di salah satu ISP.
> Mohon petunjuk dari rekan-rekan, karena ini sangat penting sekali.
>
> [EMAIL PROTECTED] ~]# mailq
> 1D6BB309A9   174427 Tue Oct 25 10:12:58  [EMAIL PROTECTED]
> (host fire2.XYZ.com.sg[xyz.xyz.xyz.xyz] said: 450 Client host rejected:
> [...]

Akan lebih mudah ngeceknya dr sini kalo gak dikabur2kan begitu
hostname dan IP addressnya.

Tapi ini sepertinya karena IP address outgoing SMTP anda tidak punya
reverse PTR record di DNS-nya (minta sama ISP-nya). Dan si
fire2.xyz.com.sg itu menolak incoming SMTP dr hosts yg tidak punya
reverse PTR (ini salah satu teknik yg dipake utk mengurangi
forgery/spam, walaupun menurut saya gak terlalu efektif). Kalo memang
benar karena ini, bukan masalah di postfix, mau pake MTA apa pun akan
sama aja.

Contoh:

[EMAIL PROTECTED] ~ $ host mail.yahoo.com
mail.yahoo.com is an alias for login.yahoo.com.
login.yahoo.com is an alias for login.yahoo.akadns.net.
login.yahoo.akadns.net has address 66.218.75.184
[EMAIL PROTECTED] ~ $ host -t ptr 66.218.75.184
184.75.218.66.in-addr.arpa domain name pointer l1.login.vip.scd.yahoo.com.

Ronny