On Tue, Nov 29, 2005 at 04:52:17PM +0700, Arief Yudhawarman wrote:
> Kalau seperti usul Mas Ronny agar menggunakan WPAD, bagaimana jika
> ada kasus squidnya perlu rebuild lagi file swap apakah tidak akan
> mengganggu user atau saat itu koneksi user bisa dilepas dr proxy
> secara otomatis atau paksa maksudnya operator keliling dr meja
> ke meja untuk mematikan fungsi WPAD ?

Pertama2, WPAD itu justru tidak perlu configure apa2 sama sekali di
client. IE setau saya enable WPAD ini by default dan dulu waktu saya
implemen usernya pake IE hampir semua, sebagian yg nggak (mereka pake
mozilla/firefox) saya kasih URL ke PAC scriptnya*. Semua perubahan apa
pun setelah itu (termasuk disable sementara) cukup di PAC dan
servernya aja (atau lewat DNS kalo perlu). Di client tidak perlu
diganti apa2 lagi, bahkan kalo mau disable proxy permanently.

Lalu, soal meminimalisasi down time sewaktu maintenance, ya tinggal
diatur dr PAC scriptnya. Entah mau dibuka langsung tanpa lewat proxy,
maupun diarahkan ke mesin (atau virtual machine) cadangan sementara
mesin proxy utamanya dibenerin.

*) Di Firefox saya skrg (1.0.7) ada option utk detect proxy
automatically, ini sepertinya WPAD.

Catatan: PAC = Proxy Auto Configuration, pake javascript.

Ronny