On Wed, Nov 30, 2005 at 04:11:36PM +0700, Novie Yoss Mardian wrote:
> Tapi klo iso file yg bermasalah pas burn image pake K3B, checksum ok,
> burning succesfull..

Burning successful tidak menjamin apa yg diburn itu benar. Garbage in
garbage out.

Ada satu yg saya tidak suka dg interfacenya K3b yg menghitung MD5 sum.
Setelah menghitung MD5 sum dr suatu ISO image, dia memberi tanda check
warna hijau seakan2 semua OK. Padahal itu belum dicompare dg MD5 sum
apa pun.

Coba lihat screenshot ini deh:
http://img294.imageshack.us/img294/7282/screenshot3wm.png

Setelah load ISO dia itung md5 trus ada tanda check warna hijau di
kiri (saya lingkari warna kuning). Padahal kita masih harus klik
tombol "..." (yg saya lingkari merah) utk kita masukin sendiri MD5 sum
yg bener (dapet dr tempat kita download biasanya), setelah dia compare
maka akan keluar dialog konfirmasi seperti yg ada di screenshot di
atas.

Kalo anda belum compare dg MD5 yg dikasih SuSE, mungkin sebaiknya anda
compare dulu (gak usah pake K3b, pake 'md5sum' dr konsole/terminal
aja) seperti yg sudah disarankan rekan lain.

PS. kalo anda pake PGP signature, mungkin ada baiknya mengupload
public key anda ke public key server seperti pgp.mit.edu, supaya org
lain bisa download otomatis sewaktu mengecek siganture anda.

Ronny