On Tue, Dec 06, 2005 at 11:48:42AM +0700, m Ilhami wrote:
> Misal saya eksekusi perintah ini
>
> ncftpput -u user -p password www.xyz.com backup_folder file1 file2 &
>
> Trus saya keluar dari terminal (logout), tapi progress bar nya masih
> jalan. Kenapa ya, padahal sudah saya beri '&' ?

"&" hanya bilang kalo itu dijalankan di background tapi masih
"attached" ke parentnya. "&" tidak bilang utk detach dr parentnya.

Tujuan dr mengirim ke background hanya supaya anda masih bisa
menjalankan perintah lain2 di foreground sambil yg di background
jalan.

Biasanya semua forked process yg masih attached akan ikut dikirimi
signal kalo parentnya dikirimi signal juga, seperti pada waktu distop
programnya, atau logout. Baik process yg di fg maupun bg.

> Kalau saya paksa tutup putty, apa ncftpput nya ikut di kill ?

Kalo menutup putty ikut menutup shell parentnya ncftpput, maka iya.
Kecuali kalo anda pake 'nohup' atau 'screen'. Baca dokumentasi masing2
utk info lebih lanjut.

Ronny