**********
1. Pilih paket File Server (Samba Server) pada saat pemilihan paket
instalasi Linux, kalo gak mo repot install Full aja.
2. Konfigurasi file smb.conf yang terletak di direktori /etc/samba, isinya
kurang lebih sebagai berikut :
    =============
    [global]
     workgroup = data
     netbios name = linux
     security = user
     smb passwd file = /etc/samba/smbpasswd
     guest account = nobody
     encrypt passwords = yes
     local master = no
     wins support = yes
     domain logons = yes
     domain master = yes
     logon script = %U.bat
     printing = LPRNG
     printcap name = /etc/printcap
     load printers = yes

    [umum]
    #Share direktori /var/aplikasi/umum
    comment = Data Umum
     path = /var/aplikasi/umum
     guest ok = yes
     read only = no
     writable = yes
     create mask = 0777
     directory mask = 0777
     browseable = yes

    [homes]
    #Share home direktori
    comment = Home Directories
     read only = no
     create mask = 0640
     directory mask = 0750
     browseable = no

    [cdrom]
    #Share CDROM
    comment = CDROM Pusat
     path = /mnt/cdrom
     locking = no
     browseable = no
    ==============
    Skrip di atas untuk akses security USER dimana user dan password hanya
akan ditanyakan satu kali saja.

3. Buat file smbpasswd pada lokasi /etc/samba dengan perintah di bawah :
    #cat /etc/passwd | mksmbpasswd.sh > /etc/samba/smbpasswd

4. Tambah atau rubah password user samba dengan perintah di bawah :
    #smbpasswd  -a   <nama user linux>

Untuk baca Share Linux dari Windows seperti biasa pake Network Neigbourhood,
sedang untuk membaca Share Windows di Linux bisa pake perintah smbmount
//namakomputer/namashare (Text Mode)  atau pake LinNeigbourhood (GUI Mode).

Ok, semoga bermanfaat, mohon maaf kalo ternyata solusi yang saya berikan
salah maklum saya masih pemula di Linux.

Salam,

Robby Kasamuddin