Dear lasta,

> maaf numpang tanya mas maklum udah nyoba berapa kali tetep gak bisa
> ditempat saya sudah ada LAN pake windows domain, saya coba ingin bikin
> data center pake samba
>  di smb.conf samba yang saya rubah  sebagai berikut
>
> workgroup = serkom
> server string = samba
> netbios name = samba
> hosts allow = 10.2.20. 127.
> security = share
> oslevel = 99
> preferred master = yes
>
> [Data Samba]

Kalau bisa coba jangan pakai spasi, langsung aja misalnya [Samba] dan
jangan lupa restart service samba setelah melakukan perubahan smb.conf.

> commen = Data Samba
> path = /mnt/data
> guest ok = yes
> writeable = yes
> browseable = yes
>
> di windows muncul nama Samba
> tapi setiap saya akses dari windows muncul pesan error
>
> \\samba is not accessible
> the network path is not found
>
> kenapa yach, saya coba buka man smb.conf tapi gak dapet juga

Kemudian pastikan service sambanya jalan, ketik aja ps -ef | grep smb atau
kalau pakai style RedHat/Fedora: service smb status.
Terakhir pastikan firewall di server tersebut mengijinkan port sharing
(137-139) bisa diakses dari LAN Anda.

Semoga membantu.

Regards,

Kalpin Erlangga Silaen