On Monday 30 January 2006 17:21, ~Lst wrote:
> [...]

Kalo mau DVD kayaknya mesti download (atau copy dr yg udah punya), gak ada yg
dikirim gratis dr shipit.ubuntu.com. Ada di tempat yg sama dg CD ISO
imagenya.

> mo nanya donk soal Ubuntu (lg belajar nih),
> kalo kita mo liat paket2 yg dah terinstall gimana ya ?

Pake Synaptic/Kynaptic bisa, atau pake 'dpkg -l'.

> trus utk remove paket2 ga perlu gimana ?

Ini ada tiga pertanyaan:
a. gimana mencari tahu paket2 mana yg gak dibutuhkan,
b. gimana meremove satu atau banyak paket,
c. gimana melakukan a dan b bareng.

Jawabannya:
a. bisa manual, atau pake bantuan 'debfoster' utk sekaligus membuang
   dependenciesnya.
b. sudo apt-get remove paket1 [paket2 ...]
c. pake 'debfoster'.

> trus buat matiin service2 yg jalan via init.d gimana ya (tp yg clean) ?

Sekedar matiin sekali doang: 'sudo /etc/init.d/namaservice stop'
Supaya tidak distart waktu boot: 'man update-rc.d' atau remove paketnya.

> trus mo ngeliat Ubuntu punya paket apa aja ada dimana (kalo di FreeBSD
> kan ada di /usr/ports/, soalnya mau di customize)  ?

'apt-cache search ...' atau pake synaptic. Ini tergantung anda pake repository
yg mana aja yg ada di /etc/apt/sources.list (atau diconfigure dr synaptic),
saya sendiri cuma pake yg official ubuntu dan satu dua sumber yang saya
percaya utk satu dua paket2 yg tidak ada di ubuntu (opera, kubuntu.org utk
KDE 3.5).

Ronny