On Fri, Jan 27, 2006 at 08:19:21AM +0700, Erga M wrote:
> Hi mailist reader,
> rekan saya mau membuat aplikasi untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
> Karena infrastruktur di lapangan cukup minim dan beragam maka dia
> akan membuatnya dengan OS Linux di server, sedangkan di client bebas,
> bisa Linux atau MS Windows. Dan untuk memudahkan maintenance maka
> sebagian besar aplikasi dijalankan di server, bukan di client.
> Sehingga menggunakan web based.
>
> Hanya saja ada sebagian modul yang non webbased, contohnya seperti
> Aplikasi untuk Teller dan Customer Service. Pertimbangannya lebih ke
> [...]

Maaf tidak memberikan solusi untuk masalah anda, saya cuma sharing
pengalaman saja. Pernahkah anda membayar tagihan telpon di telkom ?
Saya pernah lihat komputer yg dipakai untuk membuat cetakan tagihan
terbayar, komputernya konek ke mesin Sun/OS lewat telnet dan
melalui program terminal emulation semacam teraterm (lebih canggih
dan mahal). Pembayaran di unit2 kopegtel (koperasi pegawai telkom)
juga sama, malahan komputernya konek ke server melalui modem lc 9600bps.

Salam,

~yudi