On Wed, 2006-03-22 at 10:56 +0700, BaCy wrote:
> Sebelumnya terima kasih Mas tanggapannya,

> berarti di incoming mail server itu terdapat SMTP server juga? tapi
> fungsinya hanya untuk receive, bukan sending mail. begitukah?
>
> gimana tanggapan teman2 lainnya...?

Kenapa harus ada SMTP di incoming mail server? Sesuai dengan namanya,
SMTP adalah Simple Mail Transfer Protocol, jadi hanya dibutuhkan untuk
mentransfer email di outgoing mail server. Di incoming mail server apa
lagi yang mau ditransfer? Emailnya kan udah sampe.

Fungsi entry MX di DNS itu kan untuk menunjukkan ke mana email dengan
domain 'ini' harus dikirim, bukan dari mana email dengan domain 'ini'
dikirim. Makanya entry MX ditujukan ke incoming mail server.

--
Reno S. Anwari