On 4/13/06, Malik <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Kalo' tidak salah mekanisme kepana di block oleh spamhaus begini : (CMIIW)
> Komputer Anda terkena Phising, Trojan, melakukan Spam (meski tidak Anda
> sadari)
> Kemudian komputer target (korban) melaporkan bahwa IP Anda telah
> melakukan hal di atas ke www.spamhaus.org dengan melampirkan bukti-bukti
> Dengan demikian www.spamhaus.org akan melakukan blocking terhadap IP
> Anda tersebut, sehingga aktifitas kirim email dari IP Anda otomatis di
> jegat.
>
> Awalnya saya juga minta ganti IP ke Indosat, tapi setelah dimatikan
> [...]

ya kasus ginian udah banyak pengalaman gue benerin jaringan2 orang...

yg perlu dibenahi adalah komputer2 di jaringan, firewall dan mail server.
kalo tidak dibenahi, percuma minta keluar dari blacklist atau ganti2 ip....

karena kalo 3 masalah utama diatas blom dibenahi, pasti gak lama masuk
blacklist lagi.

untuk itu pastikan:
- semua komputer di jaringan bersih dan gak ada penyakit
(virus/worm/trojan/whatever junk) yg nyebarin diri pake email
- mail server tidak open relay. jadi untuk kirim mail dari luar harus
pake user+pass. sehingga mail server gak sembarang dipake orang laen
dari luar untuk kirim2 spam
- firewall diatur supaya yg boleh akses ke tujuan port 25 (buat kirim
mail) hanya mail server aja.

gitu aja pasti gak bakal di blacklist lagi.
kecuali kalo emang sengaja ada yg nyebarin spam dari dalam jaringan.....

--
Chat with us online! Jabber, Google Talk, Yahoo!, AIM, ICQ, MSN
http://www.polarisnetwork.com/portal/messenger

http://mypolaris.com/start/PortableFirefoxFullyLoaded.zip
Warning: this Firefox is extremely secured! for geek only!

--- http://bloglines.com/public/bacaan --- harini udah baca blom?

... they look but do not see and hear but do not listen or understand. Mat 13:13
... but that which cometh out of the mouth, this defileth a man.   Mat 15:11

Kirim email ke