On Wed, Aug 09, 2006 at 12:02:59PM +0700, Zaki Akhmad wrote:
> Saya mau tanya konsep mengenai LDAP. Dapatkah saya mempraktekkan
> authentication suatu aplikasi (misal: proxy) dengan data dari LDAP
> dan semua dilakukan dalam satu komputer?
> Atau harus dilakukan dengan 2 komputer? Satu komputer berfungsi sebagai
> LDAP Server dan Proxy. Sementara satu lagi lainnya sebagai client?

Tolong kalo membuat topik baru gunakan compose atau bikin email baru,
jangan pake reply. http://wiki.linux.or.id/Membajak_thread

LDAP (dan banyak (semua?) aplikasi TCP/IP lainnya) bisa dijalankan di
satu komputer, client dan servernya sekaligus, bahkan di computer yang
tidak punya network card sekalipun. Minimal cuma perlu network
interface local loopback (yg biasanya 127.0.0.1 itu, kalo IPv4), itu
pun masih bisa bikin "virtual" interfaces dan IP aliasing kalo perlu
lebih dr satu interface/IP address.

Ronny