On Tue, Sep 19, 2006 at 04:07:23PM +0700, Bambang Sumitra wrote:
> kecuali kalau emang user tidak bisa ganti IP sendiri atau tidak tahu
> cara ganti IP.
> atau kecuali jika anda set di iptables dengan filter mac address, tapi

MAC address pun bisa diganti. Dulu di kantor saya terapkan pake
login/password auth, mau dari IP addr atau MAC addr mana pun bisa yg
penting loginnya bener. Dan login ini sama dengan network login utk
file sharing (SMB), jadi lebih kecil kemungkinan utk mereka mau
sharing accounts. Apalagi kalo dipake buat auth email juga.

Ronny