Salam...

Saya sedang bereksperimen menggunakan sertifikat digital untuk menandatangi secara digital email. Untuk melakukan hal ini diperlukan email client.

Nun, dalam eksperimen saya, saya berencana mengakses sertifikat digital dari server LDAP. Tidak diambil langsung tapi dari hasil query LDAP.Saya coba menggunakan Thunderbird, LDAP bisa, tapi atribut userCertificate-nya tidak terdeteksi:-(

Teman-teman disini biasanya pakai email client apa untuk
menandatangani email secara digital? Lalu bagaimana mengakses sertifikat digital-nya?

Mungkin jika hanya 1/2 orang akses sertifikat digital masih bisa dilakukan manual. Tapi jika sampai ratusan ;-) Oh, tapi ini konteks-nya jadi untuk melakukan enkripsi email.

Terimakasih.

----
17:26,Sep 19
Zaki Akhmad