From: <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Thursday, October 26, 2006 2:15 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] port yang harus di blok untuk firewall

Port2 ini pasti akan selalu berkaitan dgn service2 yg kita pakai, biasanya
service selalu menggunakan port Ex: mysqld : port 3005, firebird : port
3050, apache : 80, sshd : 21 , vftp : 22. Cek dulu service2 dan port2nya
mana yg kepake kalau udah tau port2 yg gak kepake diblok aja, walaupun bgitu
hacker hanya akan menyerang komputer melalui port2 yg aktif jadi stiap port
yg dipake dikasih rule. BTW kalau pake Xinet untuk servicenya n kalau mau
liat port2 yg dipake bisa dibaca pada skrip di /etc/xinetd.d.
Saya belum pernah mendengar ada Linux(khusurnya server) terinfeksi trojan,
setau saya seeh trojan menyerang Linux melalui/menggunakan komputer lain,
trojan2 trsbut menyerang Linux dgn mengeksploit service tentunya dgn DoS.
Jadi port yg digunakan trojan adalah port2 yg dipake oleh service.

Tq