Agoes wrote:
> Halo Feris,
>
> Thread ini kayanya cocok bgt buat saya. sebelumnya saya memang pengen
> posting
> mengenai hal ini. saya baru berhasil install Fedora Core 5 di PC setelah
> berminggu2.
> tapi setelah berhasil menginstallnya. saya bingung hal apa yg mau saya
> lakukan disitu.
>
> saya mau tanya dari thread ini.
> 1.yang dimaksud dengan lingkuangan x-windows itu bagaimana yah?
> waktu installasi ada liat KDE, Gnome. tapi gak gerti gunanya apa.
> tau nya diinstall aja. hehe. mohon pencerahannya.

> [...]

sebelumnya maaf kalo salah
xwindow semacam "server" yang berfungsi untuk menyediakan suatu
lingkungan yang nantinya akan ditempati oleh window manager.  --
bayangkan saja server email atau server lainnya -- .  Kalo window
manager yang berfungsi memberikan perintah/cara penulisan GUI, sedangkan
yang memberikan tampilan itu sendiri (memanfaatkan layanan dari WM dan
Xserver) adalah desktop manager dalam hal ini KDE, GNOME dll. terkadang
DM juga merangkap sebagai WM.
jadi KDE or GNOME bukan xserver, tapi DM.   sedangkan xservernya adalah
Xfree atau Xorg.

informasi runlevel bisa dilihat di /etc/initab

# Menunjukkan init default yang aktif saat ini
id:5:initdefault:

sedangkan list dibawah adalah runlevel yang bisa dipakai (note: diambil
dari suse 10.1, kemungkinan linux yang lain juga sama)
# runlevel 0  is  System halt   (Do not use this for initdefault!)
# runlevel 1  is  Single user mode
# runlevel 2  is  Local multiuser without remote network (e.g. NFS)
# runlevel 3  is  Full multiuser with network
# runlevel 4  is  Not used
# runlevel 5  is  Full multiuser with network and xdm
# runlevel 6  is  System reboot (Do not use this for initdefault!)

belajar perintah "command line" di linux?  banyak mas, buku, internet,
majalah dll ------------happy googling.  dreamweaver mungkin bisa
dijalankan pake wine atau sejenisnya.  setau saya vim lebih condong ke
text editor, seperti notepad tapi jalan di text mode.

nb.  selesai install bingung mau ngapain? kenapa gak belajar pasang
server, memodifikasi desktop biar lebih eye candy, coba ngetik pake Open
Office, coba jalanin fungsi multimedianya, banyak hal yang bisa anda
lakukan dengan Linux.  Kalao sy selesai install win justru lebih bingung
- ---------- akhirnya paling banter main game ------------  :)
- --
Salam
AA Kurniawan

Linux Banyumas | http://lugbanyumas.wordpress.com |

This e-mail message may contain legally privileged and/or confidential
information. If you are not the intended recipient(s), or the employee
or agent responsible for delivery of this message to the intended
recipient(s), you are hereby notified that any dissemination,
distribution or copying of this e-mail message is strictly prohibited.
If you have received this message in error, please immediately notify
the sender and delete this e-mail message from your computer.

Scanned by Clamav