On Mon, Jan 22, 2007 at 11:55:59AM +0700, nakata wrote:
> kalo saya mau men-deny/allow client berdasarkan mac address,
> bagaimana caranya ya? trus dokumentasi yang saya perlu baca apa ya?

Informasinya kurang. Ini dalam konteks/aplikasi apa (yg mau
diblok/allow itu akses ke apa?)? Dan networknya seperti apa
(hubungannya linux dg client2nya gimana? linuxnya sebagai apa dan di
mana)? Trus mau ngebloknya di mananya dr network itu?

Alasan saya tanya karena bisa ngeblok di bbrp level, dan semuanya
tergantung konteks/sikon. Kalo di level IP dan pake ip forwarding
(router), bisa pake iptables (google aja dokumentasinya). Kalo
aplikasinya HTTP dan lewat squid, ya tinggal baca dokumentasi squid,
kayaknya squidnya mesti yg udah dicompile dg menyertakan option itu
utk bisa acl by mac addr. Kalo udah diblok di level IP ya berarti
semua aplikasi yg pake IP udah otomatis keblok.

Intinya, anda perlu menjelaskan lebih detil supaya kita bisa memberi
jawaban yg lebih spesifik.

Ronny