On Fri, Feb 23, 2007 at 04:16:57PM +0800, Nyoman D wrote:
>   Barusan ketemu bahan bacaan untuk round robin DNS.
>   Kalau dilihat sih gampang banget, tinggal memasukan A record di DNS
>   nya.
>   Sepertinya ini cocok untuk kebutuhan kantor kami. Agar website
>   selalu bisa diakses oleh client.
>
>   Yang saya belum mengerti, jika server A mati apakah otomatis client
>   browsingnya ke server B, pdhl di cache DNSnya client untuk alamat
>   domainku.com masih ngarah ke server A.

Round robin DNS tidak cukup dan mungkin tidak sesuai untuk itu. Ini
salah kaprah yg sering dijumpai di internet: dg round robin dns bisa
load balancing dan/atau failover. Keduanya salah. Paling banter round
robin dns hanya bisa membagi load secara random, gak dijamin balanced.
Dan utk failover jelas tidak ada, paling banter "hoki2an" tergantung
clientnya pas lagi dapet yg mana pas query ke DNS.

Utk website ada beberapa cara, antara lain: pound, perlbal,
heartbeat+drbd, atau yg hardware/commercial seperti BigIP, Cisco, dst.

Round robin DNS akan bisa membantu kalo udah punya dua atau lebih
front-end server yg masing2 udah punya minimal failover sendiri.
Karena kalo satu aja IP nya mati pas di mesin yg gak ada failover,
walaupun satunya ada failover, tapi tetep ada kemungkinan org connect
ke yg mati itu, karena random, tidak bisa dijamin.

Ronny