dear guys,

pengalaman dikantor, saya membuat transparent proxy yang anonymous,
client malah tidak merasa memakai proxy, browsing kemana aja tidak ada
masalah, padahal lognya bisa kita lihat di access.log-nya squid, dan
yang pasti tambah kenceng karena tetep pake squid. Googling dengan
keyword "anonymous proxy howto". FYI, seting anda saya rasa sudah OK,
tinggal finishing dikit alias trial en error di client.

mohon maaf kalo ada salah kata, happy trial..
matur nuwun.

arie.
PT. Agrodana Futures
Semarang Branch

On 2/27/07, Universitas Bunda Mulia IT Administrator Role Object
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Leon Gunanta wrote:

> Untuk port lain, coba tambahkan satu per satu:
> iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -p tcp -s
> 192.168.1.0/255.255.255.0 \
> --dport <port> -j DNAT --to 192.168.1.254:2210
>
> Menurut ane sih, mending gak pake transparent, langsung aja browsernya
> diset supaya pake proxy.

transparent proxy tidak berjalan untuk secure web (https).
di luar itu, ga ada masalah.
pake ga pake sih tergantung kebutuhan saja.
di kami, transparent proxy menjadi kendala karena masalah https ini.
mungkin ada yang pernah melakukan solusi lain?
intinya, user tidak usah tahu kalau mereka di belakang proxy.
tapi protocol umum harus berjalan semua.

thanks