Abu Silmy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
(04/21/2007 17:14)
>   1.   Saya Udah mengkompile paket scribus yang ada di DVD info Linux,
>      cuma saya masih bingung koq hasilnya bukan dalam bentuk rpm.
>      Gimana ya caranya bikin paket rpm dari paket scribus tersebut?
>   2. Saya coba-coba mengkompile kernel terbaru Linux-2.6.20 di openSUSE
>      10.2, cuma saya gak ngerti step by step cara kompile yang benar.
>      Soalnya cara mengkompile kernel koq beda dengan cara mengkompile
>      program paket. Mohon pencerahannya untuk langkah-langkahnya?
>

>--
Begini pak, paket scribus disitu kan dlm bentuk kompresan tar.gz ya. Itu
berarti kalo di mekarkan masih berupa source code, utk bisa diinstall hrs
dicompile dulu baru diinstall, jadi tak perlu dijadikan paket rpm lagi. Paket
rpm dibuat dg tujuan untuk mempermudah masalah dependensi dan kompatibilitas
dalam penginstalan aplikasi, itupun harus pd distro yg mendukungnya spt
redhat,suse,mandriva dll.
Kalaulah ingin membuat paket rpm dari source code biasanya saya pakai aplikasi
alien.

Untuk cara kompile kernel harus hati2, bisa2 hang/kernel panic. Pada dasarnya
metode kompilasinya sama tapi perintahnya yg tak sama. Untuk cara2 compile
kernel yg lengkap coba lihat di situs www.kernel.org.
Susah-susah gampang, dan perlu sediakan waktu luang yg banyak untuk mengcompile
kernel.
Oya mending cari kernel 2.6.20 dlm bentuk rpm saja, tinggal install saja.

Salam,
DeanZ