Hi,

Thanks atas sarannya pak. Selama ini saya pake qmail sama postfix
install manual satu2 dan itu cukup membosankan saya krn setiap kali
deploy mesti selalu buka catatan saking byknya patch yg harus
diinstall. Saya sangat terkesan waktu pake Ipcop dan Smoothwall untuk
saya jadikan firewall yang CD installasinya sudah bootable dan semua
dep yg dibutuhkan sudah include dan juga paket yg nggak perlu nggak
akan terinstall dan saya juga nggak perlu mlototin catatan setiap kali
nginstall. Interfacenya sudah  GUI/web. Untuk melakukan update saya
bisa minta tolong teman marketing atau accounting cukup dg dipandu
lewat telp. Itu saking friendlynya pak. Installnya cuma perlu waktu
10menit langsung jadi tanpa intrusi yang berarti. Bandingkan kalau
saya oprek2 iptables sendiri baru up setalah 1jam. Itu pun perlu waktu
berulang2 memastikan semua config yang saya pake udah pada tempatnya.
Belum lagi kalau mau ditambah VPN server, pusing :(

Itu sekedar ilustrasi kerumitan yang ingin saya hilangkan. Dulu emang
ada kepuasan kalau sukses deploy mail server atau firewall dg cara
manual, cuma lama2 capek dan bosan juga pak, pengen yang instant tapi
bagus gitu lho :)

Terimaksih buat teman2 yang sudah ngasih info scalix dan ebox. Ebox
saya belum nemu websitenya.

Salam,
Yanurmal