On 5/28/07, Arief Yudhawarman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Mon, May 28, 2007 at 08:12:34AM +0700, artanto, bayu wrote:

> :)
>
> 1 clamav buat squid ama proxy ? 'WOW'

Yang digunakan untuk proxy adalah safesquid, beda dengan squid :-)

> tapi sebenere tergantung juga sih dari pemakaian, kalo yang pake squid
> banyak ato postfix banyak, tentu aja kerjanya clamd juga banyak...
>
> o iya, antivirus biasanya nyecan emang pake resource CPU ...
>
> jadi wajar mas...

Soalnya begini ada beberapa komputer lain bermerk IBM P-III/384MB
yg sama2 pakai servis clamav untuk postfix dan safesquid tapi tidak
ada pemakaian resource CPU yg sangat besar seperti yg terjadi
di komputer rakitan P-IV/384MB.

Kalau pun proses safesquid nyedot resource CPU itu pun terjadinya
tdk berlangsung lama sekitar 3-5 detik. Kalau ini tidak, saya sudah
matikan servis yg pakai clamav seperti postfix dan safesquid, tapi
pemakaian resource CPU masih tinggi meski sudah dibiarkan cukup lama.

Yah, akhirnya instal ulang clamav.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~

kalau itu defect di hardware, harusnya semua aplikasi kena dampaknya.
ngga coba ps axf? biar kelihatan tree process nya, jadi ketahuan siapa
yang make clamd, apa emang daemonnya sendiri.

Dan satu lagi, mungkin kamu perlu upgrade juga ke versi terbaru clamav
(* mungkin versi lama ada bugs nya di mesin kamu *)

--
Jo
UNIX Is a simple operating system, but you have to be Genius to understand it.