--- Budi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Oom, kenapa utk LAN dibatasin jg ? memang sengaja ya
> ?

lan nya ga di batasin kok, aku cuma pengen batasin
speed download dari user.

> Kalau dari konfigurasi diatas, max b/w adalah
> 100Mbit yg jadi parent dari
> eth0 384kbps. Itu ada INTERNET="eth0" kok gak
> dipakai ?

berarti yang 100 Mbit nya diganti jadi kecepatan
download internet nya? Aku isi segitu cz LAN aku kan
speed nya 100 Mbit trus baru defenisiin bandwith
download 384, kyk nya defenisi bandwith ku diatas
salah ya?

> Coba yg LAN itu gak usah dipakai. Selain itu, kalau
> dikasih ceil=384kbps,
> berarti akan ada peminjaman b/w bila ada 1 komp user
> yg kekurangan b/w maka
> dia akan diberikan sisanya sampai batas maks ceil
> itu.

berarti harus ceil nya juga harus 20 Kbits juga ya
biar ga ada peminjaman bandwith. Emang nya klo HTB ga
bisa ya meminjamkan bandwith secara fair ke semua user
jika minimal rate yang diberikan sudah dipenuhi?

> [...]
> prioritynya. Di htb biasanya
> memakai :
>
> - /sbin/tc filter add dev eth0 parent 1:0 prio 0
> protocol ip handle 1 fw
> flowid 1:100
>
> Kemudian untuk quantum, silakan lihat di situs punya
> devik. Saya lebih suka
> memakai burst.
>
> Bila provider menyediakan mrtg, silakan diganti2
> script htb utk melihat
> penggunaan b/w nya. Akan terlihat disana apakah
> sesuai dgn besarnya b/w root
> yg sudah kita tentukan.
>
> Oiya, coba digabungkan jg dengan ingress policy, utk

aku baru juga pak maen2 sama HTB nya :-) jadi masih ga
terlalu ngerti juga mengenai ini :-)
Makanya bingung kemaren2 kok masih bisa tembus gitu
bandwith user nya

> Kalau saya yg pakai b/w 256kbps, saya bagi 2 main
> class. Lalu hanya user2
> tertentu yg saya kasih b/w gedean [biasanya
> management] :D
>
> Terus terang, saya jg masih ingin menyempurnakan
> script htb saya sendiri,
> jadi apa yg saya tulis hanyalah opini pribadi.

thanks pak buat saran & info nya