----- Original Message -----
From: "indra irawan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Tuesday, June 12, 2007 12:17 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] [ask]Bandwith Management pake HTB kok masih
tembus ya ???

> lan nya ga di batasin kok, aku cuma pengen batasin
> speed download dari user.

> berarti yang 100 Mbit nya diganti jadi kecepatan
> download internet nya? Aku isi segitu cz LAN aku kan
> speed nya 100 Mbit trus baru defenisiin bandwith
> download 384, kyk nya defenisi bandwith ku diatas
> salah ya?

> berarti harus ceil nya juga harus 20 Kbits juga ya
> biar ga ada peminjaman bandwith. Emang nya klo HTB ga
> bisa ya meminjamkan bandwith secara fair ke semua user
> jika minimal rate yang diberikan sudah dipenuhi?

> [...]
Jelas beda oom :D

Jarang ada yg membatasi download utk LAN. Biasa yg dibatasi adalah koneksi
keluar.

Dlm htb ada dikenal egress dan ingress. Selain itu 384kbps biasanya
diturunkan jadi dibawahnya [kira2 95% dari totalnya] sbg ceil.

htb memang selain membatasi b/w dia jg utk membagi secara adil, makanya
dipakai sfq :D

Cuma prinsip kerjanya klo udh dibatasi min 20kbps dgn ceil 384kbps, maka dlm
keadaan penuh, user itu akan tetap dijamin dapat 20kbps. Paling tinggi user
itu akan dapat 384kbps [teorinya] krn dikasih ceil = 384kbps. Cuma apakah
akan bisa benar2 tau pemakaian b/w secara detil ? Paling kalau mau tes, pas
saat gak ada org lain, coba aja oom tes dgn liat mrtg sambil download. Lihat
berapa pemakaiannya.
Klo masalah ada user yg bisa tembus, saya rasa itu krn parent rootnya =
100Mbps :D

Masalah ceil tergantung kita aja sbg admin, mau kasih berapa utk org itu.
Kan di htb ada defaultnya, yg mana selain traffic yg udh didefinisikan, maka
dia akan lari ke default itu.