Oke, makasih banget masukannya.
Butuh segala masukan aja. Dari berbagai sudut pandang dan pengalaman
mas-mbak semua. maklum yg saya tahu masih sekitar GCompris sama KDE
Edu. Dan software yg sering ketemu di distro yang udah umum.

On 7/21/07, Adnan Adhy Kurniawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Ron1n wrote:
> coba lirik ke link www.distrowatch.net dilink tsb ada info sekilas
> seputar distro untuk kebutuhan yang diinginkan.
>
> lembaga kursus kami menggunakan distro edubuntu, cukup familiar :)
>

> rgs
>
> ronin

maaf mau tanya, yang dibutuhkan mas yusuf tuh program pendidikan buat apa?
kalo untuk "pendidikan" sekolah, hampir semua aplikasi yang terinstall secara
standard di distro mayor (semisal; fedora, suse, mandriva) dah sangat mencukupi.
ada juga beberapa distro yang khusus untuk pendidikan (seperti; edubuntu, puppy
linux, dll)
sebagai gambaran saja, waktu bikin LTSP di SMA YOS cilacap kami memakai;
1. open office (menggantikan ms office)
2. NVU (menggantikan frontpage)
3. GIMP (menggantikan photoshop)
4. inkscape (menggantikan coreldraw)
5. gambas (menggantikan visual basic)
6. untuk internet pakai firefox dan thunderbird, chat pake gaim dan xchat
7. sedangkan untuk semacam online course, saya pake moodle. untuk administrasi
sekolah bisa pake open school....(agak lupa) ama centre.

dah itu saja, yang jelas hampir semua aplikasi pendidikan tuh dah ada semua di
linux, hanya sayang karena terlalu beragam sehingga menyusahkan standarisasi,
yang pada akhirnya bikin susah waktu ujian (terutama apabila sekolah itu masih
menginduk untuk ujian komputernya)

--
Best Regards,
Adnan AK

+--[ Mozilla Firefox 2.0/Thunderbird 1.5.x - SuSE 10.2 ]--+
| Disclaimer : This e-mail was scanned by clamav, and     |
| declare as CLEAN                                        |
| ------------------------------------------------------- |
| YM : adnan_kurniawan        public key: subkeys.pgp.net |
| IRC chat: nusakambangan                                 |
| at irc.freenode.org #suse                Linux Banyumas |

--
Warm Regards,
Yusuf Kurniawan